Jumat, Oktober 13, 2006

on
rangkaian octane....


Berbeda mobil berbeda pula jenis bensinnya. kebanyakan mobil sih pake BBM biasa yang belum ditambahin 'apa-apa', itu namanya "oktan 87." Sedangkan mobil buat kebut-kebutan butuh BBM dengan bilangan oktan yang lebih tinggi(dan lebih mahal tentunya). Tapi apa sih sebenernya "bilangan oktan" itu ? dan berbahan apakah oktan itu? Mari kita cari jawabannya !

Situs andelan kita "How Stuff Works" punya penjelasan yang mantep. Ketika BBM berbilangan oktan 87, itu artinya mengandung 87% oktan dan 13% heptan. Rasio ini bisa kita terjemahkan sebagai "berapa banyak BBm yang bisa dikompresi sebelum terbakar." Semakin tinggi bilangan oktan, semakin besar kompresinya.

Pabrik mobil bisa menggeber tenaga sebuah mobil denga menaikkan "rasio kompresinya." Begini lho cara mudahnya : Jika elu mengubah rasio kompresi sebuah mesin maka elu musti pake BBM berbilangan oktan tinggi. Jadi seumpama, mobil elu butuh BBM beroktan 92 dan elu isi pake 87, maka mesinnya bakal "nggelitik" dan akhirnya bakal ancur. Bagaimanapun, jika mobil elu cuman butuh oktan 87, jangan repot pula kasih BBM dengan oktan tinggi. Lagian lu gak bakalan ngeliat efek tambah kenceng ato apeh, boros boss !

Itu dia kuliah kita kali ini tentang bilangan oktan anak-anak !

0 comments:

Posting Komentar

Trimakasih udah bertanya....