Sabtu, Agustus 12, 2006

on
anda beruntung gak keselek kertasnya....


Kue keberuntungan mungkin nggak ada di Asia sampai tahun 1993 kemaren -- itupun nggak jadi trend disonoh. Tapi, kue sama itu kertas yang bertuliskan pepatah konfusius telah menjadi 'ikon' makan malam orang Cina peranakan Amerika semenjak PD II. Sedangkan asal-usulnya sendiri pun bukanlah sebuah misteri besar, cuma siapa yang bikin pertamakali itu yang agak samar-samar.

Ada satu teori yang mengatakan bahwa seorang imigran Jepang yang bernama Makoto Hagiwara menciptakan kue ini pada tahun 1915. Hagiwara adalah seorang ahli taman dan merupakan pewaris dari the Japanese Tea Garden di San Francisco's Golden Gate Park, dimana dia selalu menghidangkan kue dengan teh. Nah, restoran-restoran Cina deket2 situ mulai deh niru -niru dan mulai nambahin ke menu mereka sebagai hidangan pencuci mulut.

Cerita tentang siapa yang bikin kue ini pertamakali juga terjadi di California. Seorang imigran cina yang bernama David Jung dari Los Angeles mengaku-aku bahwa dialah yang menemukan kue keberuntungan ini pada tahun 1918. Si Jung ini menghidangkan kue keberuntungan yang diselipin ayat-ayat Alkitab di dalamnya, kepada kaum gelandangan sebagai inspirasi. Kemudian dia mendirikan perusahaan Mie yang bernama the Hong Kong Noodle Company dan menjual kue-kue keberuntungan itu juga.

Sekarang sih, hampir semua kue keberuntungan dibikin di sebuah pabrik di daerah Queens, New York, sebuah fakta yang bikin kue keberuntungan ini sedikit tidak beruntung seperti namanya.

0 comments:

Posting Komentar

Trimakasih udah bertanya....