Senin, April 03, 2006

on
es Krim....


Laporan paling tua yang mengisahkan tentang orang-orang yang sudah menikmati hidangan pencuci mulut ini berasal dari masa Romawi dan China kuno. Marco Polo kembali dari ekspedisinya yang terkenal itu sambil membawa es rasa buah, dan melaporkan bahwa orang-orang Asia sudah membuatnya selama ribuan tahun.

Makanan lezat ini menjadi terkenal di Perancis di tahun 1500-an, tapi hanya terbatas di lingkungan bangsawan dan keluarga kerajaan saja. Setelah berabad kemudian, proses pembikinan es krim meliputi pengambilan es dari pegunungan sampai dengan metode penggaraman. Krim pada awalnya diperkenalkan sebagai penambah rasa, dan sekitar tahun 1700-an, orang sudah menikmati hidangan pencuci mulut yang mirip dengan es krim model sekarang ini.

Termos jinjing es krim pertama kali dikembangkan oleh Nancy Johnson pada tahun 1846. Es tersedia selalu di gudang-gudang besar di masa itu, jadi es krim bisa dinikmati oleh semua kalangan pada masa itu, bukan hanya orang kaya saja. Cara pembuatan es krim mengalama revolusi lagi pada tahun 1851, ketika Jacob Fussel memulai pengoperasian pabrik es krim pertama di Baltimore, Maryland. Sebenarnya hal ini berawal dari bisnis produk olahan susu, bisnis Fussel ini mengalami kelebihan krim dan dia tidak bisa menemukan cara bagaimana memecahkannya. Kemudian dia mencoba untuk membikin es dari krim ini, kemudian malah ternyata menjadi bisnis utamanya.


Bisnis ini kemudian berkembang selama beberapa puluh tahun. Metode-metode pembuatan dan aneka tambahan rasa mulai berkembang, dan teknologi pembekuan semakin murah dan efisien. Di tahun 1920-an, kulkas dan freezer rumahan semakin umum, ini berarti semakin mempercepat perkembangan industri es krim. Gula dijatah oleh pemerintah Amerika selama Perang Dunia I, tetapi pengusaha es krim berhasil meyakinkan pemerintah AS bahwa es krim adalah "makanan pokok", hasilnya adalah pabrik es krim mendapat jatah alokasi gula dan produksi tetap berlanjut.

Siapakah yang menemukan es krim Cone?
Penemuan es krim cone memang kontroversial. Seorang imigran Italia yang bernama Italo Marchiony mempunyai klaim yang paling kuat karena dia mempunyai hak paten mesin pencetak es krim cone sebelum yang lain punya ide yang sama. Tetapi, sebenrnya orang Perancis dulu makan es krim dengan gelas kue atau cone jauh sebelum orang Amerika menemukan es krim cone.

Es krim cone memulai debutnya pada tahun 1904 di Louisiana Purchase Exposition di St. Louis, Missouri (lebih sering disebut sebagai 1904 St. Louis Fair). Ada legenda yang saling bertentangan tentang siapa saja pembuat kue waffle yang memulai menjual kue waffle lipat kepada penjual es krim karena penjual es krim kehabisan piring. Karena hal tersebut, pembuat kue waffle dan penjual es krim menjadi banyak sekali, dan ide tentang makan es krim mengunakan kue wafel yang berbentuk kerucut mulai jadi trend disana.


Es krim mengalami lonjakan popularitas sampai tahun-tahun depresi yang menyebabkan jatuhnya penjualan non-bahan-bahan pokok. Penjualan kembali meningkat di tahun-tahun menuju PD II sebelum kembali turun di tahun-tahun sesudah PD II. Kebangkitan supermarket raksasa menciptakan permintaan es krim yang lebih murah, produk-masal, tapi berkualitas rendah. Di tahun 1960-an tercatat adanya kebangkitan es krim "premium" , sedangkan pada dekade-dekade setelahnya menunjukkan pasar terbagi menjadi es krim berkadar lemak rendah untuk alasan kesehatan, termasuk yogurt beku,es krim berbentuk batang berasa buah-buahan, es susu,es krim bebas lemak, dan berlusin-lusin variasi es krim lainnya. Bagaimanapun, es krim masih menguasai 60 persen pasar makanan beku.

3 comments:

  1. Anonim10.56 AM

    gua kok kalo minum es krim dikit aja jadi radang tenggorok ya ?

    BalasHapus
  2. Kalo kata yang pernah gue baca di majalah BOBO edisi tahun 85-an, es krim itu dah mulai ada sejak jaman kerajaan kuno eropa, yang legendanya bilang, tiap kurir yang disuruh ngambil salju di kutub utara untuk dibuat eskrim, pasti kebanyakan dihukum karena sesampai di istana esnya dah meleleh, ya iya lah, gila apa... bisa beku terus..ampe mo dimakan si raja?! Ngkali baru berhasil dibuat secara utuh sesudah si raja hijrah ke kutub.

    BalasHapus
  3. Anonim6.38 PM

    yah legenda dipercaya.....

    BalasHapus

Trimakasih udah bertanya....