Senin, Mei 22, 2006

on
Samber Gledeg !


Guntur sebenernya sih suara dari udara panas yang meluas dan bergetar dengan sangat cepat, serta jangan lupa, gelombang kejut yang dahsyat ! Cahaya lebih cepat dari suara, jadi kita melihat kilat dulu seblon kita dener 'gledek'. Dengan menggunakan kecepatan cahaya, suara serta kondisi atmosfir, eluh bisa ngitung sendiri kok, si badai ini letaknya dimana, jaraknya berapa dari tempat kita, dengan tepat !

Tentu saja kesempatan elu pake kalkulator di tengah badai sangatlah kecil. Tapi bagaimanapun eluh masih bisa memperkirakan jarak badai dengan menghitung selisih detik-detik antara terjadinya kilat dan guntur, kemudian lu bagi lima. Perlu lima detik sih, bagi 'bom' suara untuk mencapai jarak 1,8 km, jadi jika lu lihat langit terhiasi oleh kilatan petir dan menghitung sampai 10 detik sampe lu denger rentetan suara 'rendah' sang guntur,maka jarak badai adalah sekitar 3,6 km dari tempat lu berpijak.

Tentu saja, petir itu berbahaya boss ! Jadi, seblon lu ngitung abis baca artikel ini, sebaiknya cari tempat berteduh dulu deh. Kalo nggak, bisa ajah itu jadi itungan terakhir lu !

0 comments:

Posting Komentar

Trimakasih udah bertanya....