Selasa, Februari 19, 2008

on
Cewek subur....


Kalo lu awas, maka semakin hari orang semakin susah untuk punya keturunan (di luar yang hamil di luar nikah lho ya ?) entah itu karena pengaruh lingkungan yang terpolusi, kualitas bahan makanan yang sudah termutasi secara genetik ataupun faktor psikologis. Nah untuk membantu biar pasangan yang kesulitan untuk memperoleh keturunan bisa melakukan terapi, maka pengetahuan tentang masa subur adalah mutlak.

Pertama kita harus ngerti dulu apa itu masa subur. Menurut dr. Boy Abidin, SpOG,

“Masa subur wanita adalah masa dimana ada satu sel telur yang siap untuk dibuahi oleh sel sperma di saluran telur (tuba faloppi) yang terjadi satu bulan sekali,”
Dari situ kita bisa lihat, ada tiga faktor yang menentukan kesuburan, sel telur, sel sperma , saluran telur dan waktu. Jelas sel telur adalah sel telur yang mantab untuk dibuahi, dalam artian berjumlah cukup dan sehat dalam jangka waktu 1-2 hari saja. Begitu pula sel sperma, adalah sperma yang sehat dan dalam jumlah yang cukup untuk pembuahan. Sedangkan dimensi waktu adalah sebulan sekali !

Sedangkan dr Suririnah memberikan kiat penilaian fisik untuk mengetahui masa subur selain cara kalender.

  1. Dengan menilai peningkatan suhu badan, biasanya suhu badan meningkat sesudah dan sebelum masa ovulasi akibat hormon progresteron
  2. Dengan menilai lendir rahim, menjelang ovulasi lendir rahim agak encer dan bila diraba dengan jari akan membentuk dua benang dan berwarna bening
  3. Alat tes ovulasi, digunakan untuk mengetahui kadar LH, tapi harganya mahal ....
Jadi, subur gak lu ?