Jumat, Februari 24, 2006

on
Nonton tivi jarak dekat....


Kecuali omelan ibu anda nonton tivi terlalu dekat tidak akan merusak mata anda. Penjelasan ilmiahnya begini, "Sebelum 1968 atau sekitar tahun-tahun itu, tivi mengeluarkan sinar-X yang berlebihan,tapi tivi jaman sekarang sudah tidak lagi."

Jadi, tidak ada sinar perusak dari tivi lagi. Akan tetapi, bagaimanapun, menonton tivi terlalu dekat akan menegangkan bola mata. Para dokter mata menyarankan jarak teraman di depan tivi adalah 1,5 m, tapi peringatan ini hanya bertujuan mencegah mata lelah. Ada kalangan tertentu yang mempercayai bahwa ketegangan mata bisa berakibat kepada rabun jauh, alias mata minus, dan beberapa percobaan terhadap binatang sepertinya mendukung kebenaran
teori ini, tapi masih terlalu dini untuk dijadikan bukti yang kuat.

Beberapa sumber memastikan lagi bahwa duduk dekat layar tivi tidak akan mengakibatkan kerusakan mata. Merujuk kepada Akademi Ophthalmology Amerika, anak-anak, 'korban omelan ibu', bisa lebih fokus daripada orang dewasa, jadi mereka suka atau membiasakan diri duduk dekat dengan tivi. Akan tetapi,menonton tivi terlalu dekat merupakan sebuah tanda bahwa anak anda sudah harus berkacamata.

Walaupun TV mungkin tidak merusak mata anda, yang jelas, bisa 'merusak' otak anda !


3 comments:

  1. Anonim2:56 PM

    yang pasti..kalo anda terlalu dekat...kasihan yang belakang...ngak kebagian...masa suruh nnton punggung anda... :p~

    BalasHapus
  2. betul juga, karena jengkel, yang kehalangan itu 'nyulek' mata yang orang ngalangin, jadilah rusak itu mata....:P

    BalasHapus
  3. Deni Mardani Jasin R.O6:30 AM

    menurut saya duduk dekat Tv dapat merusak mata, karena jika anak kecil duduk didepan Tv lebih kurang 2 jam per harinya, itu bisa membuat bentuk dari bola mata anak itu berubah. karena jika melihat dari dekat, sinar yang jatuh pada netvlies di dalam bola mata, jatuh di belakang netvlies. jika ini berlaku terus menerus, dapat mengakibatkan terbentuknya bola mata yang sesuai dengan dengan kebutuhan anak itu sendiri. Jika ini terjadi, pada saat anak itu ingin melihat jauh, bola mata bekerja lebih keras untuk mengembalikan bentuknya yang semula (sinar jatuh pada netvlie di dalam bola mata)dan untuk itu, sang anak memerlukan akomodasi yang lebih kuat. Oleh karena itu seperti yang anda katakan, mata anak itu cepat lelah. karena otot di dalam bola mata bekerja dengan keras untuk mengembalikan ke posisinya yang semula. Dan jika hal ini berlangsung terus menerus, maka jalan satu2xnya agar sang anak dapat melihat jauh adalah "kaca mata minus". Dan anda dapat memeriksakannya ke optik terdekat. jika anda tinggal di daerah kota, anda dapat datang memeriksakan mata anda di OPTIK BIMA pademangan 3 raya nomer 27. disana anak anda dapat memeriksakan matanya secara gratis sebelum terlambat. Saya merekomendasikan ini karena saya pernah pergi kesana dan permasalahan saya terpecahkan ( promosi nih yeeeeeeeeee.......... )
    Selain itu, efek langsung dari duduk dekat Tv adalah : dapat merusak mata. contohnya :
    1. mata bisa buta. seperti kata said. hahahahhaaha....
    2. mata pencarian bisa gawat, karena mesti beli kaca mata terus dan bayar listrik mahal. hahahhahaha.....
    any way..... beter kalau anak kita menonton Tv pada jarak minimal 3 meter dari Tv 21 inch.

    BalasHapus

Trimakasih udah bertanya....