Sabtu, September 30, 2006

on
Napoleon....


Sebuah liburan ke Inggris raya mestinya kita harus menikmati pertunjukan teater yang bagus, makanan "enak," dan setidaknya sekali 'serangan jantung' karena kita selalu salah "menyetir di sisi yang salah di jalan". Jadi, kenapa sih di Inggris, Jepang, India, dan banyak negara lainnya pake aliran 'kiri' sedangkan negara yang lain pake aliran 'kanan' ? Nah, lanjutin nih artikel...

Kita sebut sebagai "abreviasi" karena sejarah aslinya dari kejadian ini bisa buat ngisi thesis doktoral. Menurut halaman ini di World Standards, hampir semua golongan masyarakat sebenernya dulu memakai sisi kiri jalan. Ini masuk akal karena kehidupan waktu itu lebih 'keras'. "Karena kebanyakan orang bukan kidal, orang yang make pedang lebih suka make sisi kiri jalan supaya tangan kanan mereka lebih dekat ke pihak musuh." Sekali lagi, ada alasan lain (termasuk perbedaan tipe kereta yang bergambar binatang), tapi yang paling deket sih kelihatannya ya itu tadi.

Nah, kenapa Amrik sama negara yang lain malah nggunai sisi kanan jalan, mungkinkita patut menyalahkan si Napoleon. Orang Perancis selalu nyetir di sisi kanan jalan waktu Napoleon menaklukkan Eropa, dia memberi perintah "negara jajahan harus pake tatacara Perancis." Memang brengsek sih, tapi yah....mau diapaken lagi ?

Sekarang ini masih banyak orang yang nyetir sebelah kiri. menurut the World Standards, 34% orang nyetir di sisi kiri. Itu artinya elu pade musti ngedengerin nasehat ibu lu dan tengok kanan-kiri kalo di jalan ya.....

3 comments:

  1. Inggris, Jepang, ama India itu stir kanan brur..

    BalasHapus
  2. Anonim12:41 AM

    Jadi mana yang bener nih, bro?

    BalasHapus
  3. Anonim8:32 PM

    Udah bener kok artikelnya : nyetir sebelah kiri...maksudnya berjalan di sebelah kiri. Kalau setirnya di mobil ya sebelah kanan. Anyway, yang paling lucu di Cyprus Utara, Setir mobil bisa di kanan atau kiri mobil gak masalah. Jalannya tetep di kiri jalan.hehe...

    BalasHapus

Trimakasih udah bertanya....