Jumat, Maret 17, 2006

on
Zzzzzzzzzz....


KKita cari dengan kerja keras informasi mengenai asal muasal simbol tidur dengan huruf "z" ini -- saking lama dan susahnya, malah bikin kita tertidur.

Kita semua sudah tahu kalau huruf terakhir dalam alphabet latin ini dihubungkan dengan tidur, terutama di komik-komik. Siapa sih yang belum pernah melihat kartun ngantuk dengan deretan huruf "z" diatas kepalanya ?

Setelah sampai ketiduran mencarinya, kita menyimpulkan bahwa asal mula "z" ini -- yang pastinya 'suara' orang mendengkur -- sudah muncul di salah satu komik klasik Winsor McCay's diawal abad 20. McCay adalah pelopor perkomikan, dan banyak karyanya ditandai dengan tokoh komik yang sedang tidur, termasuk Little Nemo in Slumberland dan The Nightmarish Dreams of the Rarebit Fiend -- sebuah komik yang menggambarkan tokohnya yang berhalusinasi.

Kita tidak menemukan bukti gambar huruf "z" di komik McCay's, tapi kita 'mencium'keahliannya dalam bidang komik kontemporer ke era modern, entah itu simbol baru tentang tidur dan lainnya.

4 comments:

  1. nkali lantaran Z ituh huruf terakhir, dimana pas mo bobo orang dulu merapal hurup- hurup, pas nyampe Z,bobo deh, kebaca terus sepanjang tidur....

    BalasHapus
  2. d-pur9:10 PM

    karena kalo "a" dikira ke-sakit-an.

    BalasHapus
  3. asuuuuuuuuuuuuu....!

    BalasHapus

Trimakasih udah bertanya....