Kamis, Maret 02, 2006

on
ih bau luh....

Apa sebabnya anjing saling mengendus pantat masing-masing bila bertemu ? Kebiasaan itu tidak berlaku antar manusia, tapi buat bangsa anjing, ini merupakan standard operating procedure.

Hidung anjing adalah senjata utama, bekerja sejuta kali lebih baik daripada punya manusia. Hidung anjing tidak cuma berfungsi untuk mengendus bangkai burung di kebun atau bau ayam buatan ibu kita di dapur, tetapi juga buat saling mengerti antar mereka. Berdasarkan pertanyaan di atas, sebuah endusan bisa banyak mempunyai arti bagi mereka, seperti makanan kesukaan, keadaan kesehatan, atau kalau anjing betina sedang hamil.

Anjing juga menggunakan kemampuan penciuman mereka yang luar biasa ini untuk mengerti sifat manusia. Artikel Meg Moss menerangkan bahwa, dengan satu endusan saja, "seekor anjing bisa tahu dimana anda barusan berada, apa yang anda kerjakan,apa yang anda makan, bahkan apakah anda sedang sakit atau sehat." Si Moss juga menambahkan ketika anjing saling mengendus, mereka juga mempelajari apakah anjing yang ini aman buat diajak bareng atau sebaiknya tidak usah diajak bareng karena berbahaya. Pada dasarnya sih, itu adalah cara anjing untuk saling emngenal lebih baik antar sesamanya. Walaupun agaknya saling mengendus sangat efektif untuk saling mengenal, manusia masih lebih memilih berjabat tangan, setidaknya sampai saat ini.


3 comments:

  1. karena sesama anying dilarang saling mendahului....

    BalasHapus
  2. yah kali dengan begitu mereka bisa ngebedain mana yang galak, mana yang friendly, mana yang pemurah, mana yang pilit, mana yang muhrim, mana yang haram...gitu lah kali..

    BalasHapus
  3. Anonim2:10 PM

    hahahaha...yang haram ? hhahhahaha...harusnya manusia meniru bangsa anjing ini bukan ?

    BalasHapus

Trimakasih udah bertanya....