Jumat, Februari 24, 2006

on
Selamat ulang tahun....


Pesta ulang tahun terasa garing kalau tidak ada kue ulang tahun, lilin, dan nyanyian "Happy Birthday to You." Lagunya singkat,gembira, dan setiap orang hapal luar kepala. Meskipun sudah sangat terkenal, penarangnya sendiri masih misterius.

Lagu abadi ini ditulis di akhir abad ke-19 oleh dua bersaudari, Patty dan Mildred Hill. Aslinya, liriknya berbeda -- bukan "happy birthday to you," tapi "good morning to all." Kedua bersaudari tersebut adalah guru, menggunakan lagu itu untuk semacam ritual selamat pagi bagi para murid mereka.

Seperti yang kita tahu dari ahli legenda urban Snopes.com, nggak ada yang tahu siapa yang mengganti liriknya menjadi "Happy Birthday to You." Pada tahun 1924, lirik tersebut diterbitkan dalam sebuah buku musik yang dieditori oleh Robert H. Coleman. Pada mulanya hanyalah versi lain dari lagu aslinya, namun akhirnya, berkat radio dan film yang sudah bersuara, versi birthday malah lebih terkenal dari aslinya. Sekarang ini lagu "Happy Birthday to You" merupakan lagu paling terkenal di dunia, ironi yang paling ironisnya adalah, tak seorangpun yang tahu siapa yang telah menulisnya.

Sebelum anda mulai membikin perbandingan antara mengklaim tiket togel yang tak bertuan, ketahuilah bahwa orang mulai gila dengan royalti. Sekarang ini, hak cipta dari lagu ini ada pada Warner Chappell Music, yang memperingatkan anda bahwa jika anda menyanyikannya di tempat umum, sebaiknya email saja mereka dulu, daripada anda dituntut!

0 comments:

Posting Komentar

Trimakasih udah bertanya....