Senin, Juli 03, 2006

on
Hore....!!


Tampaknya agak susah untuk menjelaskan asal bertepuk tangan secara tepat, Take Our Word For It mencatat bahwa bertepuk tangan untuk pujian sudah dikenal semenjak abad pertengahan. Ada yang menyebutkan, bersamaan dengan semakin maraknya penampilan di depan publik, oleh band keliling atau para aktor di alun-alun kota.

Metafilter bilang bahwa orang telah bertepuk tangan di waktu gembira sejak masa penginjilan. Menurut Yahoo! Reference, kata "clap" berasal dari bahasa nordik kuno "klappa." Ini sebuah contoh klasik dari onomatopoeia.

Ada juga sih yang percaya kalo tepuk tangan mungkin diilhami dari alat musik pukul yang digunain pada awal-awal upacara publik, sementara ada juga yang berpendapat bahwa tepuk tangan tampaknya berasal dari insting manusia semenjak bayi.

Di banyak kebudayaan, bagaimanapun bertepuk tangan belum tentu berhubungan dengan pujian atau doa. Di Tibet, malah digunain buat ngusir setan! Malah di kebudayaan lain, menjejakkan kaki keras-keras ke tanah dinilai sebagai tanggepan paling baik untuk sebuah penampilan yang bagus.

Nah, sekarang udah tau semua kan sejarah tepuk tangan ? Sekarang giliran tanyakenapa? bertanya, bagaimanakah bunyi tepuk sebelah tangan ? Semua jawaban yang menolong akan diterima....

4 comments:

  1. prok...prok..prok..!

    BalasHapus
  2. wise_gals2:37 PM

    .......

    *hening, soalnya nepuk angin sih.

    BalasHapus
  3. Anonim11:24 AM

    pak...
    kan sebelah tangan kena pipi..
    hahahaha

    BalasHapus
  4. Abis lu maen sosor aje sih :P

    BalasHapus

Trimakasih udah bertanya....