Selasa, Juni 20, 2006

on
kota paling luas....


Jawabannya susah nih! Pertama, kita musti merumuskan apa yang dimaksud dengan "kota terbesar." Apakah karena luas wilayah? Apakah jumlah penduduk ? Kota 'asal' sih masih gampang, tapi kalo kota itu berkembang, susah buat menentukan, terutama semenjak kota-kota yang saling berdekatan bergabung dan menjadi "kota metropolitan."

Berdasarkan itu, kita bisa memberikan jawaban pertanyaan lu pade. Kita mengunakan beberapa narasumber biar sepakat -- dari Yahoo!, Google sampe Infoseek, yagn akhirnya bakal menuntun kita ke website yang sesuai dengan pertanyaan eluh.

Pertama nih, kita bedah dulu biangnya, The InfoPlease Almanac, yang mencatat Seoul, Korea, sebagai kota paling banyak penduduknya di dunia. Terus kemudian Sao Paolo, Brazil, di tempat kedua dan Bombay, India, di tempat ketiga. Tentu saja kita girang ngeliat daptar komplit-plit dari 50 kota paling banyak penduduknya, tapi mereka mereka milih buat menghitung hanya yang tinggal di wilayah asli kota itu. Lalu, kita nyari lagi nih, kebanyakan narasumber kita lebih suka untuk menggunakan istilah "wilayah perkotaan" daripada "kota-kota permai."

Ok kita lanjutin deh, sekarang giliran Jumlah penduduk kota, di semua situs yang mendedikasikan kepada "kota terbesar di dunia." Peta yang dibikin pake program bahasa Java yang unik, mengambarkan prinsip-prinsip perhitungan kecenderungan pertumbuhan penduduk dunia,sekali lagi, menggunakan jumlah penduduk sebagai faktor penentu. Mereka mencatat Tokyo sebagai kota terbesar, dengan lebih dari 34 juta penduduk. New York City di tempat kedua dan Seoul ketiga.

Kita juga nemuin halaman keren dari Slippery Rock University's Geography Department, yang berjudul Supporting Material on Settlements. Mereka memaparkan kota-kota paling banyak penduduknya dari tahun 1975 (Tokyo, New York, Shanghai), juga pada tahun 1900, 1800, 1700, 1600, 900, dan dilengkapi pula dengan perkiraan sampai tahun 2015.

Akhirnya, kita sampai pada kesimpulan bahwa tidak hanya Tokyo yang punya penduduk paling banyak tapi juga Mount Isa di Australia adalah kota terbesar berdasar luas wilayah.

0 comments:

Posting Komentar

Trimakasih udah bertanya....