Jumat, Juli 14, 2006

on
Blon lima detik nih....


Aturan tak tertulis ini, yang menyebutkan bahwa kalo makanan kita jatuh ke tanah, masih aman untuk dimakan asal gak lebih dari lima detik. Bertahun-tahun kita suka nyombong "blon lima detik nih," sambil masukin makanan yang udah jato ke tanah ke mulut elu pade, hayo ngaku gak ? Malah kadang-kadang sengaja dijatuhin deh.

Tapi apakah bener aturan yang pertamakali di gagas oleh Genghis Khan yang nggunain bates 20-jam (karena udara di asia tengah dingin sekali), itu? Untuk membuktikanya, dua eksperimen malah menghasilkan kesimpulan yang ngaco.

Yang pertama, di University of Maine, menghitung jumlah bakteri yang menempel di berbagai bahan makanan yang sudah jatuh di tanah. Hasilnya? Berlawanan sama yang lu pade pikirin, jumlah bakteri di makanan "basah" kayak keju malah turun seiring makin lamanya keju di permukaan tanah, lima detik mah kurang lama buat makanan basah.

Di penelitian yang lain, seorang pelajar SMUN II Petang Chicago malah menang Hadiah Nobel untuk bidang biologi setelah mengukur jumlah bakteri di bekas permen karet cap beruang sama kue-kue yang berjatuhan di sekitar sebuah kampus universitas. Hebatnya, dia menemukan bahwa makanan yang sudah jatuh ke lantai itu malah relatif bebas bakteri. Tapi,begitu dia jatuhin lagi ke lantai yang sengaja sudah dicemari bakteri E. coli, maka kontaminasi memang bener-bener terjadi dalam lima detik. Makin alami bahan makanan seperti daging,keju,dan sayuran, makin menarik bagi para bakteri bangsat itu....

Jadi memang , aturan itu tergantung sama yang megang makanan sih. Walopun kebanyakan pengamat berfikir yagn aman-aman saja ah, orang yang lagi laper mah paling masih liat-liat dulu jatuhnya di ape ? Kalo jatuh di tai ya jangan diembat, tapi yang paling penting bagi gua sih -- ada yang ngeliat ga sih?

0 comments:

Posting Komentar

Trimakasih udah bertanya....