Senin, September 04, 2006

on
Titan Arum ....nama sih arum....


Kita sih bisa aja dengan mudahnya langsung ngasih tahu sampeyan, tapi tentu saja tidak sejalan dengan pikiran elu. Jadi bagaimana kita cari tahu benda terbusuk di dunia itu? Mari kita googling....

Diantara bau terbusuk itu adalah: rambut manusia yang terbakar, mayat busuk, kringet eluh, dan bahkan napas eluh. Kalo berdasar bau makanan : keju encer, kubis rebus, lemak babi, dan paling manteb, sampah busuk !

Dengan banyaknya barang busuk itu, manakah yang paling busuk? Kami mengambil kesimpulan bahwa kita mesti ngambil yang paling banyak dilaporin sama orang. Pokoknya bau yang bikin anak kecil terbirit-birit dan anjing pun melolong-lolong. Bapak dan ibu sekalian, sambutlah Titan Arum, alias Amorphophallus titanum, sang Bunga bangkai, atau si tuan busuk. Gak peduli namanya bunga apaan, yang jelas baunya bikin klenger sampe ke neraka!

Tumbuhan asli Indonesia ini pertamakali diketemukan di hutan Sumatra tahun 1878 dan kemudian malah ditanem terbatas di negara barat. Ketika sedang mekar penuh, taneman berukuran monster ini bisa berbobot 77 kilo dan berdiameter 25 centi.

Lalu apa penyebab baunya yang brutal itu? Rada njelimet man ! Digambarkan sebagai bau dari "ikan busuk diolesin gula bakar" atau "bau bangke gajah busuk," baunya ini dikarenakan tercipta dari senyawa berbahan dasar sulfur di dalam tumbuhan itu untuk menarik serangga pencari madu dengan kehangatan dan baunya yang 'mengggoda'....

0 comments:

Posting Komentar

Trimakasih udah bertanya....