Kamis, April 26, 2007

on
Sapi kentut*....


Oi men, sapi itu udah ngasih kita susu,daging dan sepakbola ! Dan yang paling menarik -- kentutnya yang berbau brutal.

Tulisan dari The Independent ini menerangkan tentang gawatnya kentut sapi. PBB sudah menyatakan bahwa gas metana dari kentut sapi sebagai "ancaman terbesar bagi cuaca, hutan, dan kehidupan di alam liar." Kentut ternak bertanggungjawab terhadap 18% gas rumah kaca yang menyebabkan pemanasan global. Itu berarti lebih dari semua polusi dari alat transportasi disatuin bareng !

Jadi, daripada membantai semua ternak di dunia, adakah cara lain buat menanganinya? The Straight Dope bilang bahwa mengatur pemberian antibiotik buat ternak bisa mengurangi kentut metana mereka. Tapi situs itu kaga njelasin apakah penggunaaan antibiotik ini udah dimulai ato belum di Amerika. Apalagi mereka mengalami kesulitan untuk mengatur pemberian antibiotik di negara-negara yang kurang begitu berpengaruh.

Sesungguhnya sudah banyak situs yang menceritakan tentang problem besar ini, tapi hanya sedikit yang nawarin pemecahan masalah. Itu bisa dimengerti karena emang nggak mudah buat ngatasin masalah itu. Seiring dengan bertambahnya populasi manusia, permintaan daging sapi juga meningkat. Jadi artinya lebih banyak sapi dan methana. Kita sih cuma berharap ada ilmuwan yang bisa menemukan caranya.


*Courtesy of Cultofbob.co.uk

0 comments:

Posting Komentar

Trimakasih udah bertanya....