Sabtu, Maret 31, 2007

on
Ini yang bikin orang suka 'bola'....


Sepak bola atau Soccer (lebih dikenal sebagai "football" diluar Amerika) sudah ada semenjak lama. Maksudnya bener-bener lama. Menurut the National Soccer Hall of Fame and Museum, sepakbola muali dikenal di masa Mesir kuno, Dinasti Ts'in di China, dan orang-orang Indian di Amerika tahun 1600-an.

Sampe sekarang banyak yang percaya kalo orang Inggris lah yang menemukan pemainan ini,tapi menurut apa yang kita temukan, orang Cina lah yang pantas disebut penemunya. Televisi Canada minta kepada presiden FIFA Sepp Blatter untuk secara resmi mengakui bahwa orang Cina sudah bermain bola semenjak "seribu tahun yang lalu." Malah mungkin lebih kuno lagi. Menurut artikel cerdas ini, sejarawan sudah nemuin bukti bahwa permainan ini berasal semenjak 2,000 tahun yang lalu.

FIFA.com akhirnya mau memikirkan hal ini lebih dalam. Permainan bola tingkat awal yang dinamakan "cuju" punya banyak kemiripan dengan sepakbola modern dengan tim, aturan, kejuaraan, dan stadion. Permainan ini "menjadi idola diantara penguasa maupun rakyat jelata," dan seiring berjalanya waktu, berevolusi menjadi fenomena dunia.

Walopun begitu masih ada sati pertanyaan mengganjal -- siapa sih yang mulai dengan kata-kata "soccer"? Akhirnyae Mavens' Word of the Day yang selalu bisa kita andelin bilang bahwa orang-orang Inggris lah biang keroknya. "Pembikinan nama resmi dari permainan ini menjadi soccer adalah Association football." Mavens menerangkan bahwa kata "soccer" itu adalah sebuah bahasa slang dari "(As)soc(iation football)" dan ditambahi akhiran "er" .

2 comments:

  1. rtikel di blog Anda sangat menarik. Anda bisa lebih mempopulerkannya lagi di infoGue.com dan promosikan Artikel Anda menjadi topik yang terbaik bagi semua pembaca di seluruh Indonesia. Nantikan segera plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi untuk Blogspot dan Wordpress dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Info guenya beribet sih coi... =p~

      Hapus

Trimakasih udah bertanya....