Jumat, Desember 08, 2006

on
idung meler....


Hidung meler sepertinya memang 'bekerjasama' dengan makanan pedes. Tapi kenapa ? Kita sih suka tantangan, jadi kita ambil nasi goreng pedes sambil mulai nyari jawaban di web buat pertanyaan itu.

syukurlah, kita segera menemukan jawabannya. Tulisan dari the Deccan Herald ini menerangkan bahwa kebanyakan makanan pedas mengandung apa yang disebut sebagai "capsaicin," sebuah ramuan kimia yang bisa kita temukan di merica. Ketika diserap, itu dipercaya mempengaruhi "jumlah dan ketebalan lendir dan cairan2 yang dihasilkan saluran pernapasan." Dengan kata lain, ini semacam penggelontor hidung.

ungkin elu kira kalo makan makann pedes yang banyak bakal bisa membantu menyembuhkan alergi atau demam. Tapi, menurut Organic Authority, elu salah ! Ketika makanan pedas seperti merica atau wasabi "bikin meler," dalam kenyataannya, "penggelontoran saluran idung lu bakal lebih buruk, malah bikinelu makin menderita." Itu karena makanan pedas menyebabkan penggelontoran yang lebih besar dalam jangka waktu yang lama.

Akhirnya, buat peringatan lu pade, kita udah tahu bahwa capsaicin adalah zat aktif yang digunakan di 'semprotan merica' pak polisi. Jadi, berbaik2lah dengan mereka !!

2 comments:

  1. sinus1:18 PM

    info yg bagus..
    gue memang suka makanan pedas2..

    BalasHapus
  2. perut lu kuat gak men ?

    BalasHapus

Trimakasih udah bertanya....